RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1. IDENTITAS
a. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kejobong
b. Kelas : X
c. Semester : 2
d. Jurusan : -
e. Mata Pelajaran : Geografi
f. Jumlah Pertemuan : 2 x 45 menit
2. STANDAR KOMPETENSI
3. KOMPETENSI DASAR
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1. Menjelaskan sifat udara
3.2.2. Mendeskripsikan kandungan gas dalam udara.
3.2.3. Menjelaskan ciri – ciri lapisan atmosfer.
3.2.4. Mendeskripsikan manfaat lapisan atmosfer
5. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa mampu:
1) Menjelaskan sifat udara
2) Mendeskripsikan kandungan gas dalam udara.
3) Menjelaskan ciri – ciri lapisan atmosfer.
4) Mendeskripsikan manfaat lapisan atmosfer
6. MATERI POKOK : Atmosfer
@ Pengertian atmosfer
Atmosfer berasal dari kata atmos berarti uap dan sphaira berarti bola bumi. Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelimuti bumi. Lapisan atmosfer merupakan campuran dari berbagai unsur. Unsur yang paling utama adalah Nitrogen (N2 ) sebanyak 78,08%, Oksigen (O2) sebanyak 20,95%, Argon (Ar) sebanyak 0,95%, dan Karbondioksida (CO2 ) sebanyak 0,034%. Unsur-unsur lain, seperti Neon (Ne), Helium (He), Ozon (O3), Hidrogen (H2), Krypton (Kr), Metana (CH4), dan Xenon (Xe). Atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari gangguan benda- benda angkasa dan radiasi sinar matahari. Lapisan atmosfer sebagai lapisan pelindung bumi memiliki beberapa sifat, yaitu sebagai berikut, yaitu;
1. Tidak memiliki warna, tidak berbau, dan tidak memiliki wujud, serta hanya bisa dirasakan oleh indra perasa manusia dalam bentuk angin.
2. Memiliki berat sehingga dapat menyebabkan tekanan.
3. Memiliki sifat dinamis dan elastis yang dapat mengembang dan mengerut.
@ Lapisan-lapisan atmosfer
1. Troposfer
- Lapisan atmosfer terbawah
- Ketinggian di khatulistiwa ± 16 km, di lintang sedang ± 11 km di kutub ± 9 km, ketinggian rata-rata ±12 km.
- Terjadi gejala gradien termis, tiap kenaikan 100 m, suhu udara turun 0,6o C.
- Tempat terjadinya gejala-gejala geografis (hujan, petir, awan, dsb)
2. Stratosfer (12 – 50 km)
- Berada pada ketinggian 12 km – 50 km, disebut juga lapisan isoterm (lapisan tempat terjadinya peningkatan temperatur dari batas troposfer - 60o C sampai ± 0o C)
- Terdapat lapisan Ozon (O3) pada ketinggian 35 km, yang berfungsi menyerap radiasi ultraviolet matahari sehingga tidak sampai ke bumi.
- Bagiaan tasa stratosfer disebut stratopause terletak pada ketinggian 60 km dengan suhu 0° C.
3. Mesosfer (50 – 80 km)
- Terdapat pada ketinggian 60 – 80 km.
- Memiliki temperatur yang tidak setabil, mula-mula naik kemudian turun sampai (-) 90o C di batas mesopause.
- Pada lapisan ini meteor habis terbakar sehingga bumi terhindar dari jatuhnya meteor.
4. Thermosfer (85 0 300 km)
- Terdapat pada ketinggin 80 km – 500 km.
- Terjadi kenaikan suhu (inversi) dari -90o C sampai ± 1700o C sampai lapisan eksosfer diatasnya.
- Terjadi peristiwa ionisasi ( lepasnya ion-ion dalam udara karena radiasi matahari) yang berfungsi memantulkan gelombang radio.
5. Eksosfer (lebih dari 500 km)
- Kandungan gas utama pada lapisan eksosfer adalah hidrogen.
- Kerapatan udaranya semakin tipis sampai hampir habis di ambang luar angkasa.. Satelit-satelit buatan biasanya berada di lapisan ini.
@ Manfaat atmosfer bagi kehidupan.
a. Tempat hidup semua makhluk hidup di Bumi (troposfer).
b. Melindungi radiasi sinar ultraviolet matahari (lapisan ozon di stratosfer).
c. Menghancurkan meteor-meteor yang menuju ke Bumi (mesosfer).
d. Dapat memantulkan sinyal-sinyal komunikasi, sehingga proses komunikasi dapat berjalan lancar(termosfer).
a. Lintasan satelit (eksosfer).
7. ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
8. METODE PEMBELAJARAN
~ Ceramah bervariasi
~ Presentasi power point
~ Tanya jawab.
9. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
Pertemuan ke- 11 (90 menit)
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu (menit) | Karakter |
1. | TATAP MUKAKegiatan Awal@ Membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, presensi kehadiran siswa, dan mengatur kondisi kelas. @ Menjelaskan rencana kegiatan dengan menjelaskan standar kompentensi, kompentensi dasar serta indikator yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. @ Apersepsi : ~ Meminta siswa mendeskripsikan kondisi udara pada saat itu. ~ Meminta siswa menyebutkan unsur-unsur yang terkandung dalam udara. @ Mengkaitkan jawaban siswa dengan materi yang akan dibahas | 15 menit | Religi Rasa ingin tahu Percaya diri |
2, | Kegiatan Inti @ Eksplorasi ~ Siswa mengamati video/animasi (Google Earth) bumi dilihat dari luar angkasa ~ Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sifat udara. | 65 menit | Rasa ingin tahu |
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu (menit) | Karakter |
@ Elaborasi ~ Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan kembali kandungan gas-gas dalam udara dan sifat-sifat udara. ~ Siswa mengamati gambar lapisan atmosfer. ~ Melalui tanya jawab, siswa : ü Menjelaskan pengertian atmosfer. ü Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer ü Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer ü Menjelaskan manfaat lapisan atmosfer @ Konfirmasi ~ Penguatan materi. ~ Bersama siswa membuat simpulan materi. ~ Memberi motivasi terhadap siswa yang belum menguasai materi. ~ Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. | Mandiri Percaya diri Toleransi | ||
3. | Kegiatan Akhir@ Bersama-sama siswa mengadakan refleksi terhadap proses belajar hari itu. PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR (KMTT) Disampaikan saat kegiatan penutup · PT : - · KMTT : - | 10 menit |
10. PENILAIAN : -
11. SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
a. Sumber Pembelajaran
- Hestiyanto, Yusman.2006.Geografi SMA Kelas X.Jakarta.Penerbit Yudistira (Hal.
- Khosim, Amir dan Kun Marlina Lubis.2007. Geografi untuk SMA Kelas X. Jakarta.PT Gramedia Widiasarana. (Halaman 96-106)
- Marah Uli dan Asep Mulyadi, (2007), Geografi untuk SMA dan MA Kelas X, Jakarta. Penerbit Erlangga. (halaman 118 - 130)
b. Alat Pembelajaran : LCD, laptop/komputer,
c. Media Pembelajaran
- Google Earth
- Animasi atmosfer
- Gambar lapisan atmosfer
Kejobong, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Anjar Suanto, S.Pd. Dwi Aspri Isnaini, S.Pd.
NIP. 19680215 199512 1 004 NIP. 19760830 200701 2 009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar